Senin, 27 April 2015

Cara Memilih Font Yang Tepat

Salam Semangat
(Dengan mencoba Kamu akan tahu, dengan berkhayal Kamu akan kehilangan arah)

Dalam dunia desain terutama desain grafis, penggunaan font tentu sangat penting sekali agar desain terlihat profesional. Baiklah, tak perlu menggunakan intro yang berlama-lama. Berikut ini Saya bagikan sedikit tips dari pengalaman Saya.

Memilih Jenis Font
Font pada dasarnya terbagi menjadi 2 (dua), serif dan san-serif . Perbedaan kedua jenis font ini sangat mudah untuk kalian kenali. Lihat ilustrasi berikut :


1.Serif (Berekor)Font jenis ini sering dipergunakan untuk judul (headline). Ini dikarenakan serif mempunyai keunikan di ketebalannya yang memang tidak konsisten. Sangat pas dan cocok untuk menarik minat pembaca. Font Serif dapat membuat desain yang Anda buat mempunyai kesan:
  • Klasik (bentuknya yang besar kecil mampu menjadi seni yang unik)
  • Santai
  • Kuat

2.San-serif (Sederhana & Mewah)
San-serif sangat pas digunakan sebagai sub judul atau isi suatu desain. Ini dikarenakan karena font ini tidak membuat mata lelah dan tidak membuat kita merasa bosan untuk melihatnya. Kesan yang ditimbulkan:
  • Modern
  • Serius
  • Mewah

(tips untuk pemula, jangan gunakan jenis font terlalu banyak pada suatu desain grafis. Gunakan secukupnya. Sisakan ruang agar mata tidak rumit melihatnya.)

Kalian jika ingin belajar desain sebaiknya catat hal sepele yang dapat membuat desain Anda sangat buruk. 
  1. Gunakan Font sesuai Tema 
  2. Warnai huruf dengan warna yang nyambung (biasanya saya search google: Green Combination Color  / Red Combination Color / yang lainnya
  3. Jangan terlalu banyak jenis font (sudah saya singgung diatas)
  4. Gunakan Variasi : Yang Saya maksud dalam hal ini adalah saat ada kata yang sangat menonjol disuatu desain. Gunakanlah imajinasi Anda. Misalnya merapatkan font, merenggangkan font, Gunakan Warna yang mencolok
  5. Jangan terlalu banyak mikir. Langsung beraksi aja. 
  6. Jangan takut dikomentari
  7. Bismillah dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya berharap komentar dari Anda